26
Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan kata Open Source, yaitu sebagai alternatif Program berbayar pada komputer kita, dunia mulai memperhatikan perkembangan Open Source ini, yang di harapkan nanti bisa bersaing dengan Closed Source yang beredar di pasaran salah satu darinya adalah Microsoft Windows yang merajai dan menguasai pasaran di dunia tentang Sistem Operasi dan Program-program yang sangat bagus-bagus.

Open Source sebagai Alternatif untuk gantikan Program BerbayarOpen Source sebagai Alternatif untuk gantikan Program Berbayar



Open Source adalah program yang bersifat bebas dan bisa kita kembangkan sendiri, sudah tidak asing untuk program program Open Source yang telah ada dan tidak kalah bagusnya dengan Closed Source yaitu LINUX,UNIX,GIMP,Open Office,Libra Office dan banyak lagi, semua itu di buat untuk bersaing dan memenuhi kebutuhan akan keseharian kita, seperti Gimp yang berfungsi sebagai Foto Editting yang sudah sangat terkenal, yang akan menggantikan Photoshop dari Adobe, Libra Office dan Open Office sebagai pengganti Microsoft Office yang fiturnya tidak kalah bagus dan hampir sama.

Open Source juga tidak kalah di dunia Sistem Operasi, Buktinya banyak lahir Sistem Operasi yang berkembang didunia yang bersifat Open Source yang sudah tidak asing dan juga banyak penggemarnya adalah LINUX, hampir diseluruh dunia tau tentang Linux, karena kepopulerannya dan memiliki golongan setiap jenisnya yang sering di sebut Distro,beberapa contoh Distro Linux yang terkenal :
  1. Debian
  2. Arch
  3. RedHat
  4. Slackware
  5. Madriva
Banyak lagi Distro yang ada pada linux tetapi yang ada di atas itu yang paling terkenal, setiap Distro memiliki turunan, maksudnya turunan adalah setiap distro beberapa grup yang membuat perkembangan atau membuat Sistem Operasi baru dari Distro-distro yang sudah ada, sebagai contoh adalah :
  1. Redhat >> Turunan >> Fedora
  2. Debian >> Turunan >> Ubuntu
Setiap Distro diatas memiliki turunan tersendiri dan itu juga tudak sedikit, contoh Debian saja memiliki turunan 60han lebih, jadi Linux itu ada banyak sekali, dan banyak juga Program-program yang lahir dari setiap pengembangan dan siap bersaing untuk mengalahkan Program berbayar atau Closed Source.

Open Source sebagai Alternatif untuk gantikan Program Berbayar


Perbedaan Open Source dengan Closed Source adalah jika Open Source pengembangan untuk Program ini adalah seluruh penggunanya, Open Source bebas di kembangkan siapa saja yang ingin mengembangkannya. Ini adalah kebalikan dari Closed Source yang pengembangnya hanya satu, dari pemilik atau perusahaan itu saja yang dapat mengembangkannya. dan memiliki Linsensi setiap pembeliannya. Open Source memiliki Kernel yang dapat di kembangakan atau inti dari Sistem Linux, dan kernel tersebut ada banyak di setiap Distro memiliki Kernel sendiri. dibandingkan dengan Closed Source yang hanya mengembangan satu Sistem dan membuat semua file sendiri dan Interfacenya, dibandingan dengan Closed Source sudah ada pengembangan Interface yang bersifat Open Source dan digunakan di setiap Program Sistem Operasi Open Source Linux, contoh penyedia Interface untuk Linux adalah GNOME, KDE, Fxce .

Keunggulan Open Source dibandingkan Closed Source adalah
  1. Gratis untuk memilikinya atau Free License
  2. Dapat dikembangkan
  3. Bebas di copy dan di sebarluaskan
  4. Tidak ada Virus
  5. Tersedia dua Interface GUI
Selogan yang sering digunakan untuk Open Source adalah " Jika bisa Gratis kenapa harus membayar? " itulah yang sering saya baca. Sekarang sudah mulai benyak yang menggunakan Program Open Source di seluruh dunia karena semua program hampir tersedia program yang berbasis Open Source.

Post a Comment

  1. beralih ke open source, susah ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak susah kok gan, cukup coba pakai program Open Source seperti Notepat++, Mozilla Firefox dan software-software Gratis dulu, setelah itu bisa coba menggunakan linux untuk Os komputer agan :) .

      Delete
  2. Open source khususnya OS Linux bisa dibuat Dual OS dengan Windows, di mana OS open source (Linux) lebih kebal terhadap virus, dan lebih ringan, direkomendasikan untuk pengguna komputer low end.
    Selain itu kita juga bisa menggunakan aplikasi Windows dengan menggunakan aplikasi Wine pada linux.
    Nine Article (h)

    ReplyDelete
  3. Share donk, tutorial instalasi dan penggunaan aplikasinya. Mau belajar Debian nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila ada waktu saya akan share disini :)

      Delete
  4. Replies
    1. terimakasi gan atas dukungannya.. makasi juga atas kunjungannya :D

      Delete
  5. Replies
    1. Sama - Sama gan :D , semoga bermanfaat.. :D

      Delete
  6. ini sangat membantu saya gan,, terimas kasih..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi gan :D semoga bermanfaat :D , majukan Open Source di mata dunia..

      Delete
  7. mantap gan. nambah infoo tentang open source

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Apanya nih gan...? heheh iya gan silahkan :D

      Delete
  9. thanks gan,,lumayan nambah pengetahuan tentang open source :v

    perbanyak lagi gan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm ... iya gan :D semoga bermanfaat ya :D

      Delete
  10. pengetahuan saya semakin meningkat tentang open source dari agan,,, saya mendapatkan banyak pengetahuan banyak dari artikel-artikel agan,,, saya beterima kasih untuk agan ...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. berbagi itu indah,,.. mungkin lain kali agan bisa berbagi sma yang lain :D

      Delete
  11. iya gan, maaf baru bisa bales, perbanyak lagi tentang open source ya gan..!!! hehehehehhehe :d (h)

    ReplyDelete

 
Top